Friday , 19 December 2014
Breaking News

TEQIP Ke-4 : Peningkatan Kualitas Guru SD & SMP Sabang – Merauke

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali bekerja sama dengan PT. Pertamina dan Universitas Negeri Malang (UNM), dalam menyelenggarakan Teachers Quality Improvement Program (TEQIP) ke-4. Kegiatan yang telah dirintis sejak 2010 tersebut, untuk tahun ini dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2013.

Secara resmi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK & PMP), Syawal Gultom, membuka TEQIP ke-4 di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (20/5). Tema besar yang diangkat di tahun ke empat ini adalah “Peningkatan kualitas guru SD & SMP Sabang-Merauke”.

Dalam sambutannya, Syawal Gultom, menyampaikan apresiasinya kepada PT. Pertamina (Persero) dan UNM. Dengan adanya pelatihan guru semacam ini, sangat membantu pemerintah mencapai target-target peningkatan kualitas guru secara nasional. “Hampir semua kompetensi yang dibutuhkan guru, diberikan melalui TEQIP ini. Itulah peran strategis dari pelatihan semacam ini,” kata Syawal di hadapan guru trainer dari angkatan pertama (2010) hingga peserta TEQIP tahun ini yang akan dilatih selama enam bulan ke depan.

Dari sisi lain, ada manfaat besar yang diperoleh dengan adanya TEQIP. Baik untuk siswa secara khusus, maupun dalam dunia pendidikan. TEQIP memiliki metode ajar yang merangsang siswa untuk aktif, dan dilengkapi dengan alat bantu ajar. “Cara ajar seperti itu meningkatkan motivasi belajar siswa, dan meningkatkan mutu pendidikan,” tuturnya.

TEQIP sendiri disasarkan pada guru di seluruh Indonesia terutama yang mengajar di daerah tertinggal, perbatasan, dan daerah kurang terjangkau. Dari Sabang-Merauke, setidaknya 26 ribu guru telah mengikuti pelatihan ini. Tahun 2010-2013, TEQIP telah mencapai 22 provinsi dan 46 kabupaten di daerah tertinggal, perbatasan Sabang-Merauke. (AR)

Source : http://www.kemdiknas.go.id/

Leave a Reply